Tuesday, May 14, 2013

ETIOLOGI, SIKLUS HIDUP, DAN PENULARAN FILARIASIS

Wuchereria bancrofti, Brugia malayi dan Brugia timori sebagai penyebab filariasis limfatik hidup eksklusif dalam tubuh manusia. Cacing berada pada sistem limfatik pada “network” antara pembuluh limfe dan pembuluh darah yang memelihara keseimbangan cairan tubuh dan merupakan komponen yang essensial untuk sistem pertahanan imun tubuh. Cacing hidup selama 4-6 tahun menghasilkan larva (mikrofilaria) yang akan ikut dalam sirkulasi darah (ANONIM., 2000).
Siklus hidup ketiga spesies cacing filaria (Wuchereria bancrofti, Brugia malayi dan Brugia timori ) adalah hampir mirip. Larva infektif stadium 3 (L3i) masuk ke dalam darah melalui luka oleh gigitan nyamuk. Larva bermigrasi ke kelenjar limfe yang terrdekat selanjutnya menjadi cacing dewasa dalam waktu kira-kira 3 bulan-1 tahun. Rata- rata waktu inkubasi sebelum menjadi infektif adalah 15 bulan. Cacing dewasa dapat hidup 5-10 tahun dan menyebabkan berbagai masalah karena kerusakan pembuluh limfe dan respon sistem imun yang dihasilkan (ANONIM.,1996).
W. bancrofti dan B. timori tidak memerlukan reservoir hewan. Sebaliknya pada B.malayi dilaporkan dapat menginfeksi kera ataupun mamalia lain sehingga bersifat zoonosis (BUCK, 1991). Masing masing penyebab filaria memiliki periodisitas yang berbeda yang terkait dengan prilaku vektor, siklus sikardian inang serta wilayah kasus (MCMAHON dan SIMONSEN,1996). Periodisitas akan dapat berubaha jika prilaku vektor utama juga berubah akibat tekanan terhadap siklus hidupnya. Tekanan revolusioner terhadap hidupnya diperkirakan akan mempercepat perubahan prilaku vektorsehingga akan mempengaruhi perubahan penularan dan periodisitas mikrofilaria. Siklus sikardian inang justru terkait dengan aktivitas dari inang. Perubahan aktivitas iang juga akan mempengaruhi siklus sikardian dan periodisitas mikrofilaria.
Diperkirakan kurang lebih 77 spesies nyamuk dari genus Anopheles, Aedes, Culex, dan Mansonia dapat mendukung perkembangan Wuchereria bancrofti, tetapi secara alami hanya sebagian kecil yang dapat berlaku sebagai vektor (SCHMIDT dan ROBERT, 2000). Nyamuk Culex dan anopheles merupakan vektor utama bentuk periodik “nocturnal”, sedang bentuk sub periodik ditransmisikan nyamuk Aedes polynesiensis. Pada B. malayi, bentuk periodik nocturnal ditemukan pada area dengan banyak sawah sedangkan bentuk sub periodik nocturnal ditemukan di desa terpencil, perkebunan dan
hutan-hutan disekitar sungai. Nyamuk yang berlaku sebagai vektor B. malayi adalah nyamuk malam dari genus Mansonia, Aedes dan Culex. Anopheles barbirostris yang berkembang biak pada area persawahan diketahui sebagai vektor Brugia timori (ANONIM., 1996 ).

Terima kasih, sampai jumpa di artikel berikutnya.


Sameera ChathurangaPosted By Sameera Chathuranga

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Post a Comment